Cara merawat rambut kering serta kusam

Cara merawat rambut kering serta kusam
Rambut yang sehat sangat diidamkan oleh setiap orang apalagi bagi kaum hawa, ada pepatah mengatakan rambut adalah mahkota wanita. Bagaimana jika terdapat masalah pada rambut indah anda, rambut anda menjadi kering dan kusam, sebelum membahas lebih lanjut kita harus tahu penyebab rambut kering?
- Terlalu lama dibawah sinar matahari bisa menyebabkan rambut kita menjadi kering, karena kelembaban rambut terserap oleh cahaya matahari
- Polutan atau polusi udara semisal jika anda hidup ditengah perkotaan yang polusinya tercemari oleh polusi kendaraan.
- Zat-zat kimia yang menempel dirambut juga dapat menyebabkan keringnya rambut hal ini bisa terjadi jika anda memberikan produk obat yang mengandung zat kimia (bukan produk obat rambut yang ramah / herbal) semisal mengganti warna rambut yang mengandung zat kimia berbahaya mesti dihindari oleh Anda terutama kaum hawa yang banyak bergunta ganti warna rambut.
- Penggunaan Shampo yang tidak cocok dengan rambut anda dan juga jika anda sering bergonta ganti produk shampo bisa menyebabkan rambut menjadi kering juga.
- Mengeringkan rambut yang salah juga bisa menyebabkan rambut Anda kering, bercabang atau bahkan rusak, apalagi jika menggosok rambut dengan keras dengan handuk atau bahkan mengeringkan dengan cara hair dryer.

Bagaimana cara mengatasi dan merawat rambut kering tersebut :
1. Mengkonsumsi makanan yang mengadung vitamin B
Rambut yang kering bisa anda obati dengan mengkonsumsi vitamin B, Vitamin B2 ini bisa juga untuk menguatkan rambut yang sering patah. Vitamin B2 bisa anda dapati pada buah-buahan, kacang-kacangan, buah pisang, dll.
2. Gel Lidah buaya atau daun lidah buaya langsung
Tanman lidah buaya bermanfaat untuk merawat rambut supaya rambut menjadi indah, menawan dan menghindari rambut kusam dan kering bahkan rambut menjadi lebat jika anda memakai gel atau daun lidah buaya ini.
3. Menggunakan Mayones
Mayones yang sering kita gunakan sebagai pelengkap makanan bisa digunakan untuk merawat dan mengobati rambut kering ini, lemak yang berasal dari mayones bisa melembabkan dan melembutkan rambut. Cara menggunakannya dengan cara dioleskan ke rambut dan diamkan selama +-15 menit lalu bilas menggunakan shampo sampai bersih. Gunakan shampo herbal, shampo bayi atau shampo yang tidak mengandung bahan kimia.
4. Memanfaatkan khasiat Cuka apel
Cuka apel yang kita konsumsi untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk merawat rambut jika digunakan secara teratur. Cara menggunakanya dengan mencampurkan 0.5 cangkir cuka apel, satu sendok makan minyak gandum dan dua cangkir air putih, campur bahan tersebut dan oleskan pada rambut setelah dibasahi air. Lakukan hal tersebut setelah Anda selesai  keremas diamkan selama 10 menit lalu bilas rambut Anda dengan bersih.
5. Memanfaatkan Minyak zaitun
Minyak zaitun yang sering digunakan untuk memasak sebagai penyedap ternyata bisa untuk mengatasi rambut kering juga. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut anda dengan rata pada saat rambut sudah basah gunakan dua kali seminggu dan lakukan sebelum keramas selama 10 menitan.
6. Air perasan jeruk Nipis
Merawat rambut yang kering dan kusam bisa anda siasati dengan mengoleskan hasil perasan jeruk nipis tunggu sampai 30 menitan lalu bilas dengan air sampai bersih.
7. Menggukan Buah Alpukat
Buah alpukat selain untuk mengobati maag bisa juga untuk mengobati rambut yang kering dan kusam, penggunaanya cukup mudah, haluskan alpukat lalu oleskan ke rambut secara merata ke rambut Anda tunggu sampai 20 menit lalu bilas sampai bersih.
8. Menggunakan perasan lemon dan Madu
Madu terkenal sebagai obat untuk kesehatan dan bisa digunakan untuk masalah rambut kering ini. Penggunaanya dengan mengoleskan campuran madu dan perasan lemon selama 40 menit. Dan bilas dengan air sampai bersih.

Hindari hal-hal dibawah ini yang dapat menyebabkan rambut kering dan kusam :
- Hindari berlama-lama dibawah twrik matahari secara langsung sehingga mengurangi kelembaban rambut anda
- Hindari penggunaaan zat-zat kimia yang dapat menyebabkan rambut kering, peegunakan obat alami atau herbal untuk merawat rambut anda
- Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin yang dapat menjaga kelembaban rambut anda
- Hindari penggunaan produk shampo bergonta-ganti karena dapat menyebabkan rambut anda rusak
- Hindari menggosok rambut dengan keras usahakan lembut
- Mengurangi penggunaan Hair dryer
- Memotong rambut dengan rutin
- Gunakan konditioner sebagai pelembut dan sebagai penjaga kelembaban rambut
- Hindari menutup rambut seusai keramas
- Hindari styling rambut secara teeus menerus.
Demikianlah tips-tips merawat dan mengobati rambut kering dan kusam.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh kita

Inilah Penyebab sakit kepala yang berkepanjangan sering dilalaikan orang

Mengenal gejala kanker paru-paru, simak baik-baik!